Leading portal for news, information, and resources for the Connected Generations

06/04/2015

Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Hardisk Yang Rusak

Pada hardisk, data akan disimpan pada pertisi yang berbeda. Ring yang ada di sekitar hardisk disebut sebagai track yang dibagi menjadi sektor (sesuai dengan ukuran HDD). Meskipun, ruang fisik terdiri dari track dan sektor, data benar-benar akan disimpan pada cluster. Kali ini kami akan membahas bagaimana Cara Memperbaiki Hardisk Yang Bad Rusak atau Sector dengan mudah.

Memperbaiki Hardisk Yang Rusak Atau Bad Sector

Apa itu Bad Sector?

Bad sector adalah ruang penyimpanan pada hard drive yang telah kehilangan potensi untuk membaca atau menulis data. Bad sector merupakan kerusakan fisik atau karena kesalahan sistem kerja perangkat lunak atau software.

 
image1

 Physical / Hard Bad Sector : Ini adalah jenis kerusakan pada hard drive secara fisik akibat dari Sistem Operasi, Disk Management tidak bisa mengaksesnya juga tidak bisa melakukan baca tulis. Hal ini bisa disebabkan oleh debu, sel memori flash yang aus, dll karena sektor yang rusak secara fisik. Umumnya, hard bad sector tidak dapat diperbaiki.
Logical / Soft Bad Sector : Jenis bad sector yang bisa diperbaiki. Soft bad sector dapat diperbaiki dengan menggunakan sistem utilitas tingkat rendah seperti Chkdsk. Dalam hal ini, OS tidak dapat menemukan data pada hard drive, juga tidak data dapat dibaca atau ditulis itu.

Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Hard Disk

 
Langkah-langkah untuk memperbaiki Bad Sector di Windows XP, Windows 7, Windows 8,

atau Windows 10.
Langkah 1: Langkah pertama adalah tutup semua program yang terbuka. Windows XP tidak dapat memperbaiki bad sector jika ada aplikasi atau file yang sedang digunakan. Anda dapat menggunakan utilitas sistem yang disebut Chkdsk untuk memindai dan memperbaiki bad sector.

Langkah 2 : Buka Windows Explorer dan pilih Logic Drive (partisi) yang akan diperiksa untuk bad sector.

Langkah 3 : Klik kanan, setelah itu pilih "Properties". Lalu klik pada
tab "Tools".


Langkah 4 : Pindah ke "Error Checking" segmen dan pilih klik pada "Check Now" tombol.

image3

Langkah 5 : Sebuah kotak dialog "Check Disk" akan muncul di layar. Jika bad sector harus diperiksa dan diperbaiki, nonaktifkan kotak centang "
Automatically fix file system errors".

image4

Langkah 6 : Klik tombol "Start" untuk memulai pemeriksaan disk dan proses memperbaiki. Jika file atau aplikasi dibuka, Chkdsk akan melemparkan kesalahan menyarankan jika Anda ingin melakukan pemeriksaan disk ketika sistem akan mulai lagi. Klik "Yes".

image5

Langkah 7 : Ketika Chkdsk dilakukan dengan pekerjaan untuk memperbaiki bad sector dari hardisk, itu akan membuat laporan tentang hal yang sama.

image6



* Kode "0" berarti tidak ada kesalahan yang ditemukan saat memindai dan Kode "1" berarti kesalahan yang ditemukan sementara scanning disk tetap dilakukan.

* Jika proses pengecekan disk gagal, itu berarti ada beberapa masalah lain dengan disk dan untuk melindungi database dari segala kerugian, penting untuk melakukan Backup Windows
. Untuk Windows XP, ada tool gratis Microsoft yang disebut ntbackup.

Langkah-Langkah Memperbaiki Bad Sector di Windows 8

Langkah 1 : Buka kotak pencarian dan ketik "This PC".

Langkah 2 : Pilih drive untuk tes, klik kanan di atasnya, dan pilih "Properties".


Langkah 3 : Klik
tab "Tools" dan klik "Check".

image9

Langkah 4 : Pengecekan error akan menginformasikan jika ada bad sector di hardisk atau tidak. Namun, jika tidak ada kesalahan yang ditemukan, aplikasi memungkinkan untuk menjalankan bagian buruk memperbaiki.

image10

image11

Langkah 5 : Klik "Scan and Repair". Proses ini dapat dijadwalkan dengan memilih "Schedule on Next Restart".

NB : Ketika sedang melakukan scanning dan memperbaiki sektor hardisk, dianjurkan bahwa Anda tidak menggunakan aplikasi atau mengakses file apapun karena akan menyebabkan gangguan.

Sekian artikel Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Hardisk Yang Rusak. Semoga Bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Memperbaiki Bad Sector Pada Hardisk Yang Rusak

Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]