Leading portal for news, information, and resources for the Connected Generations

02/07/2015

20 Cara Ampuh Menghemat Baterai HP Android Yang Boros

20 Cara Ampuh Menghemat Baterai HP Android Yang Boros - Bukan rahasia lagi bahwa smartphone terkenal sangat boros baterai. Layar AMOLED dan layar LCD jelas sangat menguras baterai hp android Anda, tetapi apakah Anda tahu ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk mendapatkan hasil maksimal dari Android Anda? Baca terus untuk kiat hemat baterai terbaik untuk membuat baterai Anda bertahan lebih lama.

20 Cara Ampuh Menghemat Baterai HP Android Yang Boros_

Pertama, smartphone kebanyakan memiliki sebuah baterai Lithium Ion atau baterai Lithium Polymer. Keduanya Lithium Ion, dan dengan demikian, tidak memiliki ''memori'' yang berarti Anda tidak perlu mengisi penuh atau melepaskan mereka di awal, dan pengisian parsial baik-baik saja sepanjang hidup mereka.

Bahkan, ada jenis baterai tegangan rendah, sehingga benar-benar jauh lebih baik untuk mengisi mereka, bahkan jika hanya sedikit, setiap kali Anda memiliki kesempatan untuk mengisi penuh dan sepenuhnya menguras mereka.

1. Gunakan Backgroud atau Wallpaper Berwarna Gelap

Jika ponsel Anda memiliki layar AMOLED (seperti kebanyakan Samsungs), menggunakan latar belakang berwarna gelap, karena layar AMOLED hanya menerangi piksel berwarna. Piksel hitam gelap, sehingga piksel lebih hitam yang Anda miliki, atau piksel lebih gelap, kurang baterai yang Anda butuhkan untuk menerangi mereka.



2. Membuat Aplikasi Lebih Gelap Juga

Menggunakan gelap aplikasi latar belakang / tema dan tema gelap peluncur lanjut akan memperpanjang hidup baterai Anda (jika perangkat Anda memiliki layar AMOLED).


3. Singkirkan Auto-Brightness

Jangan menggunakan layar auto-brightness. Ini mungkin terdengar baik, tapi auto-brightness biasanya cara terang dari yang Anda benar-benar membutuhkan. Ini jauh lebih baik secara manual mengatur tingkat kecerahan yang super rendah yang masih nyaman, dan kemudian hanya benjolan itu bila diperlukan. Ini adalah salah satu cara utama untuk meningkatkan daya tahan baterai Anda sebagai layar adalah salah satu pengisap baterai terbesar.


4. Matikan Fungsi Getar

Matikan getar. Kecuali Anda benar-benar membutuhkan untuk menambahkan kesadaran, matikan getaran. Ini benar-benar membutuhkan lebih banyak kekuatan baterai untuk menggetar telepon Anda. Matikan haptic feedback juga.


5. Jangan Gunakan Baterai Tiruan (KW)

Gunakan baterai asli atau baterai original produsen. Menyimpan beberapa dolar pada baterai yang dapat merusak smartphone kekasih Anda adalah pilihan yang buruk memang, dan mungkin juga memberikan kinerja baterai sub-standar.


6. Atur Waktu Tampilan Latar

Atur tampilan waktu layar sesingkat mungkin. Bayangkan, jika batas waktu layar Anda diatur ke menit, itu akan menggunakan empat kali jumlah kekuatan baterai  setiap kali Anda mengaktifkan layar Anda, daripada jika batas waktu Anda diatur ke 15 detik.

Studi melaporkan pengguna smartphone rata-rata menggunakan smartphone mereka 150 kali sehari, sehingga apa pun yang dapat Anda lakukan untuk membatasi frekuensi akan membantu menjaga baterai Anda berjalan lebih lama.


7. Matikan Pemberitahuan Otomatis

Set ''Waktu Tidur'' atau ''Mode Blokir'' untuk mematikan Wi-Fi dan data ponsel ketika Anda tidak membutuhkannya. Jika ponsel Anda dilarang di tempat kerja, atur perangkat agar tidak berbunyi, bergetar atau terhubung ke internet saat Anda sedang bekerja.

Demikian juga, Anda dapat mengatur ponsel ke mode pesawat ketika Anda sedang tidur untuk mengatur batas untuk apa telepon Anda tidak selama waktu tertentu dalam sehari, apakah itu saat Anda sedang tidur, di tempat kerja atau saat bertemu.

Kenali pengaturan spesifik ROM Anda menawarkan. Tidak hanya akan Anda harus biola dengan ponsel Anda kurang sepanjang hari (atau malam), tetapi Anda akan menghemat daya tahan baterai juga.


8. Ponsel Anda Tidak Harus "Cerdas" sepanjang waktu

Matikan fitur cerdas seperti gerakan udara, terutama jika Anda memiliki Samsung. Kecuali Anda benar-benar menggunakan fitur ini setiap hari, mereka hanya menggunakan daya baterai untuk fitur yang tidak Anda menggunakan.


9. Matikan Fitur 24/7

Matikan GPS, Bluetooth, NFC, Wi-Fi dan data ponsel setiap kali Anda tidak membutuhkan mereka. Mematikan data lokasi, atau pengaturan untuk menggunakan data Wi-Fi atau 3G daripada GPS bekerja dengan baik. Hanya mengaktifkan Bluetooth dan NFC selama Anda membutuhkannya (meskipun ini mengkonsumsi daya yang sangat sedikit), dan tidak perlu untuk memiliki Wi-Fi dan data mobile diaktifkan setiap saat.

Jika Anda menggunakan Wi-Fi banyak meskipun, mengatakan di rumah dan di tempat kerja, maka masuk akal untuk menjaga set Wi-Fi Anda untuk '' Selalu di saat tidur '' karena ini menggunakan daya kurang dari memiliki menghubungkan kembali Wi-Fi Anda setiap kali Anda bangun ponsel Anda.


10. Cobalah Pemberitahuan Dinamis

Gunakan widget layar kunci atau pemberitahuan jika ROM Anda mendukung, atau menginstal sebuah aplikasi yang melakukannya untuk Anda seperti Dinamis Pemberitahuan. Anda akan bisa mendapatkan pada dasarnya semua konten Anda tanpa harus membuka ponsel Anda sepenuhnya dan navigasi di sekitar.

Anda masih perlu untuk menerangi layar Anda, tetapi Anda akan memiliki pada waktu jauh lebih sedikit dari biasanya. Jika Anda memiliki perangkat layar AMOLED, menggunakan aplikasi notifikasi layar kunci dengan latar belakang hitam bisa menghemat baterai anda secara signifikan.


11. Jangan Gunakan Banyak Widget

Matikan widget Anda jika benar-benar tidak dibutuhkan, terutama yang terhubung ke internet seperti widget cuaca.


12. Jangan biarkan aplikasi Anda jatuh di belakang kali

Jauhkan aplikasi Anda dari Update otomatis. Ada pengembang dengan alasan terus-menerus memperbarui aplikasi, dan banyak dari alasan ini adalah memori dan optimasi baterai. Menjaga aplikasi Anda tidak update otomatis juga berarti Anda memiliki optimasi terbaik yang tersedia. Demikian juga, menghapus aplikasi lama yang tidak lagi digunakan, karena ini dapat menjalankan proses latar belakang yang mengunyah RAM dan daya tahan baterai.


13. Gunakan Mode Hemat Baterai Anda, sekarang!

Jika ponsel Anda memiliki fitur Saving Mode atau pilihan manajemen baterai lainnya, manfaatkanlah.


14. Jelajahi Fitur Hemat Baterai Pada Ponsel Anda

Semua ROM, apakah itu Android, OEM UI seperti TouchWiz atau ROM kustom seperti CyanogenMod, memiliki berbagai pengaturan dalam menu untuk membantu melestarikan atau mengoptimalkan konsumsi baterai di sana-sini. Cari berbagai pilihan untuk perangkat Anda dan ROM dan membuat mereka bekerja untuk Anda!


15. Pilih Ketika Anda Sinkronisasi Data Anda

Matikan auto-sinkronisasi untuk akun Google. Jika Anda tidak perlu setiap akun Google diperbarui setiap lima belas menit, hanya pergi ke Settings dan akun Google dan mematikan auto-sync.


16. Jadilah Master Update Aplikasi Anda

Set aplikasi untuk memperbarui hanya ketika Anda membukanya. Jika Anda jarang (atau sangat sering) membuka sebuah aplikasi, mungkin lebih baik hanya memperbarui ketika Anda melakukannya, daripada memperbarui otomatis sepanjang waktu melalui pemberitahuan push atau interval sync.

Jika Anda hanya memeriksa email sekali sehari, mengapa tidak membiarkan update aplikasi itu saja, dan jika Anda berada di sebuah widget atau aplikasi setiap beberapa jam saja maka mengapa tidak memilikinya update setiap kali daripada setiap lima belas menit ketika Anda bahkan tidak melihat itu.


17. Selektif Melakukan Pembaruan Aplikasi di Google Play Store

Ubah Google Play Store untuk update manual aplikasi Anda. Jika Anda memiliki Play Store di set ke auto-update, Anda mungkin memiliki lima belas aplikasi memperbarui ketika Anda tidak mengharapkannya, menghancurkan hidup baterai Anda tanpa Anda menyadarinya. Jika Anda menggunakan bahkan setengah dari tips hemat baterai Anda akan melihat peningkatan yang ditandai dalam hidup baterai Anda.


18. Matikan Google Hotwords

Menghentikan telepon dari selalu mendengarkan. "Ok Google" pencarian suara Google adalah fitur fantastis dan sering sangat fungsional. Masalahnya adalah bahwa hal itu bisa bermain malapetaka dengan baterai Anda.

Pergilah ke "Pengaturan Google" dari laci aplikasi Anda dan tekan "suara" pos. Pada halaman berikutnya, pilih '"Ok Google' deteksi". Dalam menu ini, pilihan terbaik untuk hidup baterai akan untick semua kotak, tetapi jika Anda adalah penggemar dari "Ok Google", centang hanya kotak "Dari Google app Cari" untuk memastikan perangkat Anda hanya prima sementara di Google app.


19. Singkirkan Animasi

Nonaktifkan animasi. Proses ini mungkin sedikit berbeda dari perangkat ke perangkat tapi inti dari itu harus tetap sama. Pergi ke pengaturan Anda dan ke "tentang telepon" halaman. Tekan pada "membangun sejumlah" sekitar 7 kali. Anda akan diberitahu bahwa Anda telah menjadi "Android pengembang" (jangan khawatir, memungkinkan opsi pengembang Android tidak memiliki merugikan mempengaruhi, itu hanya menambah pilihan lain di menu pengaturan Anda).

Kembali ke pengaturan Anda dan tekan pada baru dimasukkan "Pilihan pengembang" menu di bagian bawah. Pada halaman berikutnya, gulir ke bawah ke mana dikatakan "skala animasi jendela," "skala animasi transisi" dan "animator durasi skala", dan beralih semua ini off. Antarmuka perangkat Anda mungkin tidak = lagi terlihat cantik, tetapi daya tahan baterai akan lebih baik.


20. Buat Layanan Lokasi Anda Lebih Ramah Baterai Juga!

Mematikan layanan lokasi bukan hanya cara yang fantastis untuk menghemat baterai Anda, menghemat rencana data Anda juga! Pergilah ke pengaturan Anda dan Anda akan menemukan "lokasi" di bawah "pribadi" pos - tap di atasnya. Di bagian atas halaman itu berikutnya Anda akan melihat "mode" di menu ini, Anda akan dapat mengatur pilihan untuk bagaimana smartphone Anda menentukan lokasi Anda. Pilih "hemat baterai" pada halaman berikut.

Sekian artikel 20 Cara Ampuh Menghemat Baterai HP Android Yang Boros.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 20 Cara Ampuh Menghemat Baterai HP Android Yang Boros

Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]