Leading portal for news, information, and resources for the Connected Generations

08/07/2015

Cara Menyembunyikan Galeri Foto Album di HP Android

Cara Menyembunyikan Galeri Foto Album di HP Android - Beberapa waktu yang lalu saya pernah share tentang bagaimana cara menyembunyikan album foto WhatsApp dalam galeri anda. Tanggapan itu besar jadi saya pikir saya akan mengingatkan Anda bahwa proses yang sama bekerja untuk semua album, bukan hanya WhatsApp. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menyembunyikan album Anda jika tidak ingin terlihat dalam aplikasi galeri Anda, tidak peduli yang mana yang Anda gunakan. Cara ini sangat mudah dan tidak perlu memerlukan root android Anda.


Cara Menyembunyikan Galeri Foto Album di HP Android_

Cara menyembunyikan foto berikut sangat sederhana. Hanya menggunakan file bernama .nomedia. Sebuah file .nomedia di dalam folder merupakan indikator sederhana untuk sistem untuk mengabaikan isi dari folder ketika pemindaian. Jadi, jika Anda membuat satu file .nomedia dalam folder album foto, maka isi folder tidak akan muncul dalam galeri anda.

Cara Menyembunyikan Galeri Foto Album di HP Android 1_

Lihatlah betapa berantakan folder yang saya miliki di galeri saya sekarang: ada album kamera, album WhatsApp, file Bluetooth, dan sejumlah foto aneh yang benar-benar tidak perlu. Yang saya butuhkan untuk membersihkan isi galeri saya adalah file explorer seperti ES File Explorer hanya beberapa menit.

Unduh ES File Explorer di Google Play

Cara Menyembunyikan Galeri Foto Album di HP Android 2_

Yang perlu Anda lakukan adalah menemukan berbagai folder yang muncul di galeri Anda saat ini. Ini mungkin memerlukan sedikit investigasi tidak setiap folder yang akan diberi label yang jelas atau melekat pada folder aplikasi. Namun, tidak akan lebih dari beberapa menit untuk melacak semuanya. Cobalah Gambar DCIM dan folder pada /sdcard untuk coba-coba. Lainnya mungkin dalam folder Downloads Anda, atau folder aplikasi tertentu, seperti WhatsApp.

Cara Menyembunyikan Galeri Foto Album di HP Android 3_

Setelah Anda menemukan folder di mana gambar yang ingin Anda sembunyikan, cukup tekan + tanda kecil di kiri bawah layar dan pilih ''New File''. Ketika kotak pemberian nama muncul, ketikkan .nomedia dan simpan (jangan lupa simbol titik di awal, ini membuat file sistem yang tersembunyi).

Lalu coba periksa galeri Anda dan isi folder album foto Anda tidak akan muncul lagi. Sekarang, hanya menambahkan file .nomedia untuk setiap folder yang ingin disembunyikan.

Cara Menyembunyikan Galeri Foto Album di HP Android 4_

Aplikasi galeri Anda sekarang menjadi bagus dan rapi, hanya menampilkan folder yang ingin ditampilkan. Tentu saja, Anda selalu dapat mengambil jalan pintas untuk folder sampah dan hanya menghapus itu sepenuhnya, tapi ini agak sulit bagi saya. Jika Anda pernah ingin folder tersembunyi muncul kembali, hanya pergi ke file explorer Anda dan pastikan pilihan ''Hidden file'' diaktifkan, lalu arahkan ke folder yang sama sebelumnya Anda meletakkan file .nomedia dan menghapusnya. Jika folder tidak muncul dalam aplikasi galeri Anda, Anda mungkin perlu untuk menghapus cache aplikasi galeri Anda di Setting.

Sekian artikel Cara Menyembunyikan Galeri Foto Album di HP Android.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Menyembunyikan Galeri Foto Album di HP Android

Please enable / Bitte aktiviere JavaScript!
Veuillez activer / Por favor activa el Javascript![ ? ]